Sun. Jan 17th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Warga Soroti Pembangunan PAMSIMAS di Desa Terong Kec. Sijuk Kab. Belitung

2 min read

Belitung, KPK

Warga masyarakat di Desa Terong Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung, belum dapat menikmati pembangunan PAMSIMAS atas adanya permbangunan tersebut sia-sia saja, terutama menyangkut air bersih, hingga saat ini tidak manfaat bagi warga masyarakat sekitar Desa Terong. Menurut salah seorang BPD kepada Media KPK, menyatakan dengan nada rasa kecewa sekali terhadap pembangunan PAMSIMAS yang menggunakan dana yang cukup besar lebih kurang Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) sejak dibangun akhir tahun 2019 lalu sampai saat ini masyarakat belum dapat menikmati air bersih. Sebagaimana yang diharapkan pemerintah, baik pusat maupun daerah tentang sarana dan prasarana air bersih.

Adapaun pembangunan tersebut, diharapkan dapat membantu dan mengantisipasi datangnya musim kemarau dan sebagian warga masih ada menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari mandi dan cuci piring, ada juga menggunakan sumur bor,“ kata warga.

Masih dikatakan salah satu warga sejak dibangun tidak bermanfaat sama sekali bagi warga masyarakat Desa Terong jadi untuk apa dibangun jika iar bersihnya tidak dapat dinikmati warga masyarakat”. Tegasnya.

Kades Terong Suhaimi, ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan atau mengungkapkan dan membenarkan tentang pembangunan PAMSIMAS untuk air bersih, sampai saat ini air bersihnya belum dapat dinikmati warga masyarakat, kami juga selaku Pemerintah Desa berharap kepada pihak yang terkait memberikan kebutuhan secepatnya warga masyarakat kami, terhadap air bersih” tegas Suhaimi.

Tokoh masyarakat setempat, ketika melakukan pemantauan dilapangan Bersama-sama dengan Koordinator SKU KPK perwakilan Bangka Belitung. Adapun anggaran desa proyek pembangunan PAMSIMAS ini cukup besar dan lebih kurang Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) jika bangunan ini tidak berfungsi serta air bersihnya tidak dapat dinikmati masyarakat maka akan habis dan musnahlah uang rakyat. Dengan adanya proyek ini “Menghimbau kepada dinas yang terkait untuk dapat mengkroscek pada pembangunan PAMSIMAS, serta memperhatikan agar PAMSIMAS ini dapat bermanfaat dan bisa dinikmati air bersihnya bagi warga masyarakat Desa Terong Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung umunya,” pungkas tokoh masyarakat.

(PURNAMA)