February 6, 2023

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

“Pemerintah Desa Krandegan Realisasikan Pembangunan Jembatan Dusun Krandegan 1 Rt. 06 Rw.01 Dengan Volume 4×3,5 M”.

2 min read

Realisasi Pembangunan Jembatan Tersebut Menelan Anggaran Dana Sebesar Rp.100.000.000; dari BK SARPRAS 2022. Guna memperlancar akses Kegiatan Perekonomian Warga Masyarakat”

Dok: Hadi, kpk(www.korankpk.com)
Koran Penelusuran Kasus- Pembangunan Infrastruktur saat ini sangat gencar dilakukan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Daerah. Demikian pula yang dilakukan Pemerintah Desa Krandegan sebagai perwujudan dari Nawacita Presiden Jokowi yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Melalui Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Desa Krandegan terus berupaya agar Pembangunan Infrastruktur di Desa Krandegan berjalan dengan lancar, agar tidak ketinggalan dengan Desa – Desa lainnya. Salah satunya adalah Pembangunan Jembatan Jalan Dusun Krandegan 1 Rt 06 Rw 01, dengan volume 4X3,5 Meter yang dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan menelan Anggaran dana sebesar Rp. 100.000.000; yang bersumber dari Dana BK SARPRAS Tahun Anggaran 2022.

Jembatan merupakan salah satu sarana penting untuk menunjang mobilitas masyarakat. Desa Krandegan adalah salah satu desa yang di tengahnya terbelah oleh aliran sungai , oleh karena itu Pembangunan Jembatan penghubung di rasakan sangat penting untuk dapat mempermudah akses masyarakat. Di Desa Krandegan sendiri letak RT.06 RW.01 memang terpisah oleh sungai, sehingga warga kesulitan untuk dapat mengakses antar wilayah tersebut. Hal tersebut tentunya membahayakan bagi anak sekolah terutama anak anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Dalam penyampaian aspirasainya kepada Pemerintahan Desa krandegan lewat Musyawarah Desa (MUSDES) warga masyarakat menyepakati untuk dilaksanakannya pembangunan jembatan penghubung yang berada di dusun krandegan 1 RT.06 RW. 01
Pembangunan jembatan ini didanai dari BK SARPRAS Tahun Anggaran 2022 dengan biaya sebesar Rp.100.000.000,-.

Dalam proses pembangunannya Jembatan yang memiliki volume 4×3,5 meter ini dikerjakan oleh Tim pelaksana Kegiatan (TPK) Desa krandegan. Dalam fungsinya jembatan ini memang di desain untuk dilewati pejalan kaki, sepeda, kendaran roda 2 dan roda 4. Kepala desa krandegan tri mulyono mengatakan “Alhamdulillah pembangunan berjalan dengan lancar dan Kini masyarakat Desa Krandegan dapat memanfaatkan jembatan ini dengan baik dan harapannya juga dapat turut serta menjaga dan merawatnya bersama sama.

Kepala desa Krandegan “Tri Mulyono” Menambahkan “Semoga dengan dibangunnya Jembatan penghubung ini yang ada di dusun krandegan 1 ini, masyarakat sekitar bisa menjalankan aktivitas perekonomian keseharianya bisa lebih mudah dan lancar”.
(Hadi, kpk).