June 23, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Diduga Bangunan Gagal Kontruksi Jadi Sorotan Publik!

2 min read

TANGERANG 07/05/2024 – Koranpenelusurankasus – Aktivis LSM Trinusa Wahyudin menjelaskan Pembangunan Gagal Kontruksi tersebut Menjadi Sorotan Publik. Diduga OPD Kecamatan Pasarkemis KPA/PPTK, konsultan pengawas Lemah majalankan aturan kontruksi di bidang pengawasan terbukti ada pembiaran terjadi.

“Diduga Pembangunan Kontruksi Insfrastruktut Jalan Paving Block Kelurahan Sindangsari tidak sesuai Spesfikasi Teknis pembiaran APBD tahun Anggran 2024 Kabupaten Tangerang.Jumat. (07/06/2024)

Sorotan publik tersebut, Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Undang-Undang RI.Nomor 14 tahun 2008, Papan nama proyek tertuang di harga satuan RAB.

“Jalan merupakan salah satu penghubung vital bagi warga masyarakat, Kp.Putat Rt.003/001 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang.

Pelaksana/Kontraktor membangunnya Asal Jadi Tidak Sesuai Spesfikasi Teknis

“Pembangunan jalan paving block Kampungp Rt 003/001 kelurahan sindangsari Kecamatan pasarkemis (PL) APBD 2024 Kabupaten Tangerang.

Pembangunan dilaksanakan dari pihak pelaksana kontraktor. Namun, sangat di sayangkan pelaku usaha tidak memasang plang proyek di area lokas. Proyek ini menjadi pertanyaan publik banyak dinilai warga tidak sesuai, atau tidak dengan gambar RAB. Hal itu dilihat dari fisik pekerjaannya dari pemasangan paving block dipaksakan tanpa perhitungan gambar poin aitem di RAB.

“Mengingat adanya aduan dari masyarakat, wartawan bersama warga mencoba mengecek lokasi benar adanya pembanguan paving block di kerjakan tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya RAB. Terpantau, proyek jalan paving block dikerjakan tanpa adanya pengupasan dan pembersiahan area lokasi, paving block/kasntin diduga berkualita rendah.

Yang lebih patalnya daalam pengerjaanya area lokasi diampar agregat tidak secara menyeluruh, pembangunan paving block dikerjakan tidak adanya pemadatan dengan menggunakan mesin alat berat Beby Roller harga satuan sudah pasti tertuang di aitem RAB, pekerjaan ini tidak sesuai pada umumnya.

Pelaksanaan pembangunan jalan paving block kegiatan tersebut dilokasi dikerjakan Gagal kuntruksi asal jadi amburadul lapis pondasi mengunakan agregas +abu sangat tipis.kami akan membuat pengaduan berkirim surat permohonan audensi kepihak terkait. dari beberapa pembagunan di wilayah OPD kecamatan pasarkemis tangerang.Jelasnya LSM Trinusa Wahyudin.

Saat Awak Media mengkonfirmasi salah satu warga MN yang melitas di area lokasi yang manyaksikan pembangunan tersebut, mengatakan warga setempat harus bisa puas dengan dibangunnya jalan paving block Ia berharap jalan tidak dibangun asal jadi harus sesuai bestek namun sangan disayangakan bangunan belum layak sebab lapispodasi belum di padatkan dengan mengunakan mesin alat berat,pemasangan kanstin yang di tanam amat dalam disisakan 5, 6,7 Centimeter sedangkan paving block ketebalan 6Centimeter agregat dan abu batu berkulitas rendah dan tipis di area lokasi, bangunan belum layak dipaksakan terpasang“ terangnya.

Pembangunan infrastruktur jalan paving block Rt 003/001 kampung putat Rt.003/001kelurahan sindangsari kecmatan pasarkemis APBD 2024.pihak KPA/konsultan pengawas lemah melaksanakan tugasnya kontraktor nakal dibiarkan.

Pihak’ terkait harus bertanggungjawab KPA/konsultan pengwas dan pihak pelaksana kontraktor terhadap keuangan negara khusnya pemeritah daerah.

Sampai berita di publikasikan pihak terkait KPA/Kontaraktor belum bisa di konfirmasi. (Tim Investigasi)

About Author