April 13, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Sudah Tahukah Kalau di Kab. Konawe Sultra Ada Bendugan Baru

1 min read

Konawe – Sultra korankpk.com
Sebagai mana bendungan Ameroro yang di mulai pembangunannya pada desember tahun 2020, hingga menelan anggaran sebesar 1.6 T, ini adalah jumlah yang pantastik yang di alokasikan utk pembangunan bendungan di Ameroro sulawesi tenggara.

Bendungan Ameroro di kerjakan Oleh beberapa perusahaan antara lain: PT. Wijaya Karya, PT. Sumber Cahaya Agung, PT. Basuki Rahmanta Putra (kso) PT, Hutama Karya, PT. Adi Karya (kso) yg (imponding) dengan daya tampung 98.81 meter kubik yang menurut laporan dari PT. Hutama karya Sudah rampung pada tanggal 6 desember 2023 sebanyak 98, 45%, dan dapat bermampaat pada penduduk yang berada di sulawesi tenggara, yakni kabupaten konawe memiliki data jumlah penduduk di tahun 2022 sebanyak 266,299 jiwa penduduk dari urutan no 3, Sultra setelah kota Kendari dan Konsel.

Tapi plus minusnya terhadap masyarakat yang terdampak langsung oleh pembangunan bendungan Ameroro belum juga mendapat ganti rugi, baik yang bersertipikat maupun SKT.

Total luas lahan hingga 27 hektar, dan pemilik lahan yang masuk kategori Damsos seluas 503 hektar dan itu juga belum dibayar sesuai perpres 62 tentang penanganan Dampak Sosial hingga kami masyarakat terkesan menimbulkan mosi tidak percaya dgn lambat dan tarik ulurnya penanganan hak masyrakat yang terdampak langsung imbuhnya trimakash (ARSAT)

Fotonya yg sebelumnya sajah

About Author