January 20, 2022

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab. Ngawi Dan Tim SAR Berhasil Selamatkan Seekor Kambing Yang Tercebur Sumur

1 min read

Ngawi, Koran Penelusuran Kasus (KPK) – www.korankpk.com 06/01/2022

Kambing berusia sekitar 8 bulan tersebut diketahui milik Suroto warga Dusun Ponjen Desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Kejadian seekor kambing kejunggir sumur ,kejadian sekitar pukul 15..,00 wib., sampai mendatangkan team damkar kab.Ngawi Untuk proses pengambilannya.

Suroto , saat kejadian ia tengah berada di sawah. Tiba-tiba ia dihampiri anaknya dan meminta untuk segera pulang karena kambing miliknya tercebur sumur. “Awalnya sumur sudah saya tutup seng, kemungkinan kambing meloncat dan sengnya ambles,” katanya.

Melihat hewan ternaknya sudah berada di dasar sumur, ia mencoba turun menggunakan tali tambang dengan dibantu tetangganya. Namun beberapa meter dari kedalaman, ternyata di dalam sumur tersebut mengandung gas beracun dan memutuskan untuk naik ke atas, Hingga akhirnya Suroto melapor ke petugas Damkar Kab. Ngawi untuk meminta bantuan evakuasi.

Kepala bidang Damkar Kabupaten Ngawi, menyampaikan, ia mendapat laporan kejadian kambing tercebur sumur sekitar pukul 16.00 WIB. Tim langsung berkoordinasi dengan Markas SAR Kabupaten Ngawi.
Karena kedalaman sumur sekitar 15 meter, maka tidak memungkinkan menggunakan tangga manual. Sehingga tim mengerahkan alat tripod rescue milik SAR. Hampir satu jam proses penyelamatan, kambing tersebut berhasil dievakuasi dalam kondisi masih hidup.
(Hadi, kpk)