April 24, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pemerintah Desa Kawu Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Adakan Musyawarah Desa (Musdes) Dalam Rangka Penyusunan RKPDesa Kawu Tahun 2023

2 min read

Dok:foto : hadi s. ( www.korkorankpk.com)

Koran Penelusuran Kasus – Kamis, 16 Februari 2023,

Pemeritah Desa Kawu, melaksanakan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan RKPDesa Tahun 2023 kegiatan dilaksanakan di Pendopo Desa, penyelenggaraan tersebut dibuka oleh Bpk. Camat Kedunggalar, (Nuryadi Moh. Arifin, M.Pd) dan dihadiri oleh Seluruh perangkat Desa, camat dan sekretaris Kecamatan Kedunggalar, BPD, P3MD, LPM, TP PKK Desa, Karang Taruna Desa, Babinsa, Kamtibmas, Forum Anak Desa dan perwakilan unsur tokoh Masyarakat.

Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Kawu (RKPDes) Tahun 2023 tersebut tujuannya adalah untuk menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023.

Pelaksanaan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Nuryadi Moh.Arifin, M.Pd selaku Camat Kedunggalar mengatakan “untuk seluruh masyarakat hendaknya bersama-sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa sehingga kedepannya nanti bisa menjadi lebih baik dalam sisi Pembangunan, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa di Kedunggalar bisa lebih maju lagi, khususnya di desa Kawu ini.

Kepala Desa Kawu, (Ali imron) memaparkan bahwa, “Musyawarah ini akan membahas 5 hal diantaranya, 1. Menetapkan Prioritas penggunaan Dana Desa. 2. Penetapan KPM BLT Dana Desa. 3. Penetapan RLTH Dana Desa 4. Penetapan KPM RLTH BK Kabupaten dan 5. Kegiatan yang akan dilaksanakan dengan pola PDKT. Sehingga dalam musyawarah ini lebih terarah dan jelas.

Pelaksanaan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 berjalan dengan lancar dan terjadi interaksi komunikasi, sharing, diskusi dengan audien yang hadir dalam musdes tersebut. Semoga kedepannya Desa Kawu semakin mandiri dan berkembang. (Hadi, KPK)

About Author