Thu. Dec 3rd, 2020

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Kepala Desa Wonorejo Mengaktifkan Kembali BumDes Desa Wonorejo Yang Selama Ini Tidak Beroperasi

2 min read

Kab. Ngawi, KPK

Dengan Menggelar Rapat BumDes di Balai Desa Wonorejo Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Adalah Salah satu langkah penting dalam penyusunan RKPDes adalah menyelenggarakan rapat BUMI DESA (BumDes). Hal inilah yang dilaksankan pemerintah Desa Wonorejo pada hari Selasa, 17 November 2020. Bertempat dibalai desa Wonorejo, acara dihadiri oleh 60 orang, yang terdiri dari tokoh masyarakat, RT/RW, perangkat desa, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) KPK.

Foto: Kepala Desa, perangkat, dan Pendamping Desa Wonorejo

BUMDes ”Badan Usaha Milik Desa” sesuai dengan amanat permendagri no.39 tahun 2010 tentang badan usaha milik desa yang menyebutkan bahwa” untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintah dan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat pedesaan, didirikan badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Lalu diluncurkannya UU no.6 tahun 2014 tentang desa dan Kemudian dikuti dengan peraturan menteri desa pembangunan daerah tertinggal No.4 tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan pengelolaan dan pembubaran badan usaha milik desa, maka desa diharapkan mampu mengelola ekonomi masyarakat Desa itu sendiri melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Pada tanggal 17 November 2020, Bpk Nuryanto (kepala Desa Wonorejo) mengaktifkan kembali BumDes desa Wonorejo yang telah dibentuk di tahun 2017 lalu yang selama ini dirasa kurang maksimal, dengan menggelar rapat BumDes dibalai Desa Wonorejo diharapkan BumDes desa Wonorejo akan segera terwujud sehingga menjadikan desa Wonorejo menjadi desa yang Mandiri, (ungkap Kep. Des Wonorejo) selain itu kepala desa Wonorejo juga menghadirkan pakar ahli dibidang BumDes dari Pendamping Desa Kedunggalar untuk memberikan materi dan pengetahuan secara lengkap terkait apa itu BumDes, aturan-aturan permendagri hingga perdes, serta peranan dan manfaat BumDes untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Khususnya Desa Wonorejo.
(ARIFIN KPK DOK)