January 27, 2023

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Diduga Kades Wanakerta Lecehkan Profesi Wartawan Dan LSM

1 min read

Tangerang, Koranpenelusurankasus – Diduga Pernyataan tak beretika yang lontarkan oknum Kepala Desa (Kades) Wanakerta Tumpang Sugian melalui pesan suara yang beredar di kalangan wartawan mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Kali ini datang dari Forum Kerja Jurnalis (Forja) Kabupaten Tangerang.

Alfian Herianto Ketua Forja Kabupaten Tangerang mengatakan bahwa pernyataan yang disampaikan oleh Kades Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang itu tidak mencerminkan sebagai pejabat publik dan tidak memiliki etika.

“Kami yang merupakan bagian dari Wartawan merasa sangat direndahkan dengan pernyataan Kades Wanakerta itu. Menurut saya itu tidak beretika dan tidak mencerminkan sebagai pejabat publik, ketika merendahkan profesi seseorang,” tegas Alfian, Minggu (6/3/2022).

Menurutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) harus memberikan teguran kepada Kades Wanakerta tersebut atas pernyataannya yang viral. Karena pernyataan Kades yang mengatakan bahwa “Wartawan LSM lewat, mau lima puluh ribu dikasih amplop silahkan, tidak mau akan saya tunjukan ketika saya lagi dididik di Pusdikip, Cimahi Bandung, ya jangan macam macam LSM Wartawan ke LTS ya” dianggap sangat melecehkan dan merendahkan profesi wartawan termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Kami berharap, DPMPD memberikan teguran terhadap Kades Wanakerta atas pernyataannya itu,” pungkasnya”. (Udin Jaenudin)