April 17, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Waow Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur Jalan Paving Block, Ditempatkan Menuju Rumah Kades,, Prioritas Apa Sudah di Penuhi.!!! Diduga Dibangun Mark-up Anggaran

2 min read

Tangerang, KoranKPK.com – Pembangunan Jalan Paving Block Rt002/003 Kp. Gandu Desa Sindang Jaya APBDesa “ADD” Tahun Anggran 2023 OPD Kecamatan SindangJaya Kab. Tangerang. Kegiatan dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang diutamakan, Padat Karya “Swakelola” Berdayakan Warga Setempat.

Hasil pantauan dilapangan Media dan Lembaga LSM Terlihat jelas pembagunan jalan paving block tersebut dalam pelaksanaan paving block bahan matrial dilokasi ada 4 aitem yaitu; paving block, kastin, uskup, abu pasir.

Permasalahan timbul antara lain yang utama adalah anggaran Dana Desa diluar bidang prioritas, sebagaimana yang diungkapkan Aktivis Devisi Investigasi YAPERMA DPD Banten (KoranKPK.com. Kamis 17/5/2023 Dalam proses pelaksanaanya, program ini bukan tanpa kendala. Beberapa masalah timbul antara lain yang utama adalah penggunaan Dana Desa di luar bidang prioritas Selain itu, tercatat permasalahan Program Dana Desa, di level teknis Hasil Pembangunan yang tidak dapat dimanfaatkan secara umum Penyalagunaan Anggran, Pengelapan, Pemotongan Anggran, hingga pembuatan laporan piktif, program pembangunan Dana Desa, mengkooptasi anggaran untuk kepentingan pribadi, transfaransi tertutup “KIP” hingga warga menerka nerka.

Pembangunan kegiatan tersebut tidak melakukan pemebersihan lokas ,pengupasan badan jalan diarea lokasi, terlihat badan yang di bangun, lapis pondasi bawah “LPB”mengunakan abu pasir tanpa menggunakan agregat, makadam, pemadatan mengunakan alat berat beby Roller, stemper tidak dilakukan,

“Warga sekitar yang melintas yang tidak mau disebut namanya RN mengungkapkan” kegiatan tersebut dilaksanakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan seharusnya sesuai dengan spesifikasi Kontruksi pada umumnya, seprti pengupasan badan jalan secara merata ,mengunakan agregat dengan ketebalan 4,5 centimeter ,kemudian di padatkan mengunakan mesin alat berat ,lalu menggunakan abu pasir secara merata dengan ketebalan 4 hinga 5 centimeter. Kurang lebih segituh. Finising juga harus di padatkan ,ironisnya pelaksanaan ini beda banget caranya lokasi badan jalan digali hanya untuk untuk pemasangan kastin, yang anehnya lagi pemasangan kastin kedalamannya tidak sesuai, masa kastin permukaan atas disisakan 3 centimeter, abunya yang amparkan dilokasi tipis banget. pokoknya ini pembangunan asal aslan pak. tandasnya.

“Tempat terpisah Warga setempat Saat dikonfirmasi KoranKPK.com”, Kalau soal bangunan ini anggaran ADD atau anggran darimananya saya gak tau soalnya bangunan paving block dilahan pak kades sebab dibangunnya mengarah kerumah pak kades, kegiatan kalau gak salah hari selasa 15/5/2023 rampung dikerjakan .terangnya

“Pembangunan jalan paving block panjangnya berapa saya tidak tau,soalnya gak dikasih tau,kalau lebarnya 2,5 meter, kalau agregat memang gak pakai disuruhnya gitu saya mah cuma kerja, tanya aja sama orang desa, semua berkasnya dibawa pak andi, terangnya pekerja Saat dikonfirmasi dilokasi kegiatan.

Pihak-pihak terkait belum sempat dikonfirmasi untuk mendapatkan penjelasan prihal pembangunan tersebut. (Herman Arab)

About Author