August 12, 2022

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Realisasi Pembangunan Jalan Desa Talang Kab. Ngawi

2 min read

Pemerintah Desa Talang Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi Realisasikan Pembangunan Jalan Usaha Tani PKT (Padat Karya Tunai) di Blok Pertanian Kembang Kembang Dusun Talang Sepanjang 50 M X 2 M. Dengan Alokasi Dana Sebesar Rp.25.000.000,00 Dari Dana Desa Tahun 2021.

Ngawi – Koran Penelusuran Kasus, KPK – Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Dalam pelaksanaan PKTD di Desa Talang Kecamatan Jogorogo tahun 2021 diwujudkan dalam kegiatan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) baru yang berada di Dusun Talang menuju ke lahan pertanian blok kembang kembang. Tujuan dari pembangunan JUT ini adalah untuk memudahkan petani melakukan mobilisasi dalam bidang pertanian serta memudahkan akses kegiatan lainnya di Desa Talang. Metode pembangunan JUT ini adalah dengan perbaikan jalan beserta irigasinya dengan Talud penahan tanah serta penimbunan Tanah, dengan Lebar 2 Meter, setinggi 1,5 meter dengan panjang 50 meter dengan biaya sebesar Rp. 25.000.000,00 yang bersumber dari Dana Desa 2021.

Bpk. Heru Agus budianto. S.Pd Selaku Kepala Desa Talang memaparkan bahwa ” Pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 50 M x 2 Meter ini dikerjakan melalui mekanisme Padat Karya Tunai dalam rangka pemberdayaan warga masyarakat Desa yang kurang mampu yang produktif, sehingga diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonominya yang kurang bagus akibat covid-19 yang melanda Negeri ini. Selain itu Bpk. Heru menambahkan ” Semoga dengan pembangunan JUT (Jalan Usaha Tani) ini dapat memudahkan akses usaha pertanian warga serta kegiatan lainnya, sehingga dapat menunjang kemakmuran warga masyarakat khususnya Dusun Talang Desa Talang Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi.

(Hadi s. KPK)