January 27, 2023

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pemdes Sekaralas Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi Gelar Musrenbangdes

2 min read

Foto Dok: hadi santoso,kpk.

Adapun Gelaran Musrembangdes tersebut Dalam Rangka Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022

Koran Penelusuran Kasus_ Ngawi (www.korankpk.com) Pemerintah Desa Sekaralas, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, bersama BPD menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2022.

Bertempat di kantor desa setempat, Jum’at (11/02/2022) Musdes dihadiri oleh Forkopimcam Widodaren, Kepala Desa Sekaralas beserta perangkat, BPD dan anggotanya, ketua RT/RW, Pendamping Desa Sekaralas, LPMD, Lembaga Pendidikan, Karang Taruna Desa Sekaralas, PKK Bermartabat, Posyandu, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Sekaralas.

Pelakasanaan Musdes RKP-Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sekaralas untuk tahun anggaran 2022/2023 yang akan datang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sekaralas (Sihmanto, S.E) menyampaikan “Dalam 1 tahun kedepan kita semua belum tahu apakah negara kita sudah bisa menerapkan berdampingan dengan covid-19 atau belum namun Dalam penyusunan RKPDes ada beberapa pos anggaran untuk penanggulangan bencana salah satunya juga sebagai antisipasi jika memang covid19 belum dinyatakan bebas dari Indonesia,” katanya.

Sihmanto, S.E “mengatakan untuk seluruh masyarakat Desa Sekaralas hendaknya bersama – sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah desa sehingga kedepannya nanti Desa Sekaralas bisa menjadi lebih baik dalam sisi pembangunan. “Pemberdayaan Sumber Daya Manusia maupun seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa Sekaralas bisa 10 langkah lebih maju lagi,” Imbuhnya

Pelaksanaan Musdes berjalan dengan lancar dan terjadi interaksi komunikasi, sharing, diskusi dengan seluruh audien yang hadir dalam musdes tersebut. Semoga kedepannya Desa Sekaralas semakin maju dan berkembang.
(Hadi Santoso, kpk)