Sun. Oct 17th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pemdes Kedunggudel Realisasikan Pavingisasi Jalan Dusun Nglebak RT.01,02 RW. 04 Dengan Volume 345, m x 270, m x 0,06 m.

2 min read

Realisasi Pavingisasi Menelan Anggaran Dana Sebesar Rp. 138.660.300,- Dari Dana Desa Tahun 2021.

Foto Dok: Hadi Santoso,Kpk.

Koran Penelusuran Kasus, Ngawi, (www.korankpk.com) Pemerintah desa Kedunggudel melaksanakan Pavingisasi jalan desa di dusun Nglebak Rt. 01,02 RW. 04 Desa Kedunggudel, sebagai komitmen dalam menyerap aspirasi masyarakat setelah sebelumnya di melalui musyawarah dalam Musrenbang Desa.

Pekerjaan pavingisasi jalan desa di dusun Nglebak Kedunggudel adalah hasil dari kerja keras dari tim pelaksana kegiatan (TPK), yang ditunjuk oleh kepala Desa Kedunggudel.

Pembangunan jalan dengan menggunakan paving block di Dusun Nglebak Desa Kedunggudel RT 01,02 RW 04, Dengan volume 345, m x 270, m x 0,06 m. dengan anggaran dana Sebesar Rp 138.660.300,- (Seratus Tiga Puluh Delapan Juta Enam Ratus Enam Puluh Ribu Tiga ratus rupiah) bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2021.

Bpk. Mas’udi (Kepala Desa Kedunggudel) saat di temui di kantornya mengatakan, “sesuai hasil rapat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Desa, diputuskan bahwa pembangunan jalan desa akan menggunakan paving block. Karena dalam pembangunan jalan desa dengan penggunaan paving block dinilai dapat memperpanjang usia jalan, serta mudah dalam perawatannya.

Beliau menambahkan, ” untuk tahap pertama difokuskan pada program pavingisasi jalan dan talud, dan mengenai pengerjaannya pemerintah Desa, melibatkan semua unsur terkait, terutama pengawasan dilapangan. Dan dalam pelaksanaan pengerjaanya kita tetap mengedepankan pemberdayaan masyarakat melalui skema padat karya tunai.

“memang sejak program Dana Desa ini digulirkan, khusus untuk aktivitas yang bersifat fisik, pihak Desa selalu mengajak masyarakat untuk berperan serta”

Dalam setiap aktivitas masyarakat tidak lepas dari jalan, jadi pembangunan jalan desa atau jalan lingkungan ini menjadi prioritas utama guna mendongkrak perekonomian warga semakin lancar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga, pungkas kades. (Hadi, kpk).