January 26, 2023

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pemdes Kebon Kec. Paron Realisasikan Pavingisasi Jalan Dusun Pondang Kab. Ngawi.

2 min read

Pemdes Kebon Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Realisasikan Pavingisasi Jalan Dusun Podang RT.02 RW.02 Dengan Volume 128 M. X 3,60 M. Menelan Anggaran Dana Sebesar Rp. 100.000.000,- dari BK SARPRAS APBD Kabupaten Ngawi Tahun 2022

Ngawi – Koran Penelusuran Kasus – (www.korankpk.com)

Pemerintah desa Kebon Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi melaksanakan Pavingisasi jalan desa di dusun Podang. Rt. 02 RW. 02 Desa Kebon, Kecamatan Paron sebagai komitmen dalam menyerap aspirasi masyarakat setelah sebelumnya disetujui melalui musyawarah dalam Musrenbang Desa. Pekerjaan pavingisasi jalan desa di dusun Kebon adalah hasil dari kerja keras dari tim pelaksana kegiatan (TPK), yang ditunjuk oleh kepala Desa Kebon (Pan Gunadi).

Bpk. Pan Gunadi (Kepala Desa Kebon) saat di temui di kantornya mengatakan, “sesuai hasil rapat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Desa Kebon Kecamatan Paron, diputuskan bahwa pembangunan jalan desa akan menggunakan paving block. Karena dalam pembangunan jalan desa dengan penggunaan paving block dinilai dapat memperpanjang usia jalan, serta mudah dalam perawatannya.

Beliau juga menambahkan bahwa ” pembangunan jalan paving di Desa Kebon Dusun Podang RT. 02 Rw. 02 ini sangat diutamakan untuk pengerasan jalan lingkungan yang berupa jalan paving, difokuskan di Dusun Podang karna merupakan jalan poros Desa Kebon menuju Desa Ngale arah ke Kantor Kecamatan Paron. Paving blok yang digunakan memiliki mutu kualitas yang baik, artinya memiliki nilai kuat tekan yang tinggi untuk menahan beban yang berada di atasnya, karena yang lewat di jalan ini sebagian besar truk dan roda 4 jenis lainnya yang mengangkut hasil produksi pertanian, tebu, hasil industri rumah tangga dengan memuat beban berat.

“Selain itu apabila musim penghujan luapan sungai Sorok masuk ke badan jalan yang mengakibatkan jalan menjadi becek dan rusak. Untuk itulah dibangun jalan paving blok ini yang bekisting kanan-kirinya sangat kuat (terlihat pada gambar) mempunyai daya serap air yang baik sehingga dapat mengurangi genangan air dan mencegah bahaya banjir, ”ungkapnya. Beliau menambahkan”, untuk tahap pertama difokuskan pada program pavingisasi jalan dan talud, dan mengenai pengerjaannya pemerintah Desa Kebon Kecamatan Paron Kab. Ngawi Menunjuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Kebon yang diketuai Oleh Bpk. Nyoto darmanto Dan Anggotanya Bpk. Karyono Bpk. Sugik Bpk. wibowo dan Bpk. Paijo namun pengerjaanya kita tetap mengedepankan pemberdayaan masyarakat melalui skema padat karya tunai.

Lebih lanjut dijelaskan Bpk. Nyoto Darmanto selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Bidang Pembangunan Desa Kebon Kecamatan Paron bahwa Pembangunan Pavingisasi jalan ini menggunakan paving block, Dengan volume 128 Meter dan lebar 3,60 Meter. anggaran dana Sebesar Rp. 100.000.000; bersumber dari BK SARPRAS APBD tahun anggaran 2022. Pembangunan Pavingisasi ini berlokasi di Dusun Podang RT,02 RW 02. Desa Kebon Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi.

Dalam setiap aktivitas masyarakat tidak lepas dari jalan, jadi pembangunan jalan desa atau jalan lingkungan ini menjadi prioritas utama guna mendongkrak perekonomian warga semakin lancar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga, pungkas “Pan Gunadi” Kades Kebon. (Hadi, kpk)