Sat. Sep 18th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pavingisasi Desa Walikukun Kulon Kecamatan Widodaren Ngawi Guna Peningkatan Sentra Perekonomian Pertanian Bagi Masyarakat Desa.

2 min read

Dok; Aripin,,,, www.korankpk.com
KPK, Ngawi – Dalam meningkatkan kelancaran akses masyarakat untuk menunjang perekonomian di Desa walikukun Kecamatan widodaren Pemerintah Desa (Pemdes) walikukun menggenjot pembangunan infrastruktur disetiap jalan terus dilakukan.

Pekerjaan pemasangan Paving block jalan desa di Dusun Walikukun Kulon RT 003 RW 002 desa Walikukun kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi berlangsung, yang sebelumnya telah dilaksanakan pavingisasi disejumlah RT yang ada di desa Walikukun. Terlihat dilokasi, warga desa bersama-sama tim pelaksana lakukan pengerjaan pemasangan Paving block.

Warga memulai atau bergotong royong dalam pengerjaan pavingisasi jalan desa walikukun dimulai pada pukul 07.00 warga sudah berkumpul dan bersiap untuk membantu PEMDES mengerjakan pembuatan jalan tersebut.

Berbagai pembangunan yang dibiayai oleh program Dana Desa (DD), yang pemberdayaan nya yang selalu mengutamakan masyarakat desa tersebut melakukan pelebaran jalan menuju jalan utama yang merupakan akses jalan tembus ke desa lain, agar pavingisasi jalan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk akses kendaraan roda empat untuk peningkatan sentra perekonomian pertanian bagi masyarakat.

Saat di konfirmasi awak media koran penelusuran kasus (KPK) Kepala Desa Mustahmid Saiful. mengatakan bahwa; Pembangunan infrastruktur jalan disetiap pelosok desa sudah menjadi prioritas, sebab itu sangat membantu aktifitas masyarakat untuk memperlancar perekonomian masyarakat khususnya mempermudah distribusi hasil bumi,” kata nya.

Sementara terkait pembangunan infrastruktur, yang menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2021 ini, saat ini pihak desa memfokuskan pada pembangunan Jalan Desa, yakni diantaranya jalan dusun walikukun kulon 03/02 desa walikukun dengan dana 61.000.000 dan volume 2,3 X 3159 meter.

“Pembangunan Jalan dusun walikukun kulon ini, untuk mempermudah akses warga, Desa walikukun, “ungkapnya.
Sementara itu, kepala desa walikukun mustahmid saiful menambahkan, pembangunan insfratruktur jalan ini kami Prioritaskan, agar nantinya akan berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga untuk distribusi pertanian,”paparnya.

Menurutnya, pembangunan insfratruktur desa memang saat ini belum maksimal, lantaran keterbatasan anggaran. Oleh karenannya, pembangunan dilakukan secara bertahap.

Karna segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai sebagai sarana akses utama berjalannya roda perekonomian desa utamanya di desa Walikukun Kulon.

Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian masyarakat khususnya dusun walikukun kulon Desa walikukun kecamatan widodaren kabupaten ngawi.

“Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab, akses jalan menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan juga dapat menunjang aktivitas perekonomian masyarakat di bidang lainnya,semoga pembuatan jalan dan pelebaran jalan ini segera selesai. (Aripin, KPK)