January 21, 2022

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Melalui Alokasi Dana Desa, Pemdes Kayutrejo Realisasikan Kegiatan PKT (Padat Karya Tunai)

2 min read

Pemerintah Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi Realisasikan Kegiatan PKT (Padat Karya Tunai) Dengan Membangun Gorong-Gorong Dan Pembersihan Saluran Air Sepanjang 1,5 M X 8 M. Dengan Alokasi Dana Sebesar Rp.40.000.000,00 Dari Dana Desa Tahun 2021.

Koran Penelusuran Kasus_Ngawi- Padat Karya Tunai (PKT) merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Dalam merealisasikan kegiatan PKT ini pemerintah Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi laksanakan Pembangunan gorong-gorong di Jalan Desa Kayutrejo dengan volume 1,5 M x 8 M. menelan Anggaran dana sebesar Rp. 40.000.000,00 dari Dana Desa (DD) Tahun 2021.

Kepala Desa Kayutrejo Mashuri mengatakan bahwa, “Pembangunan Gorong-gorong dan pembersihan saluran air tersebut merupakan kegiatan Padat karya Tunai yang harus segera dilaksanakan mengingat curah hujan semakin tinggi untuk mencegah terjadinya banjir yang menyebabkan berbagai kerusakan jalan”.

Mashuri menambahkan “pembangunan tersebut merupakan skala prioritas di 2021 ini. Hal tersebut, juga sesuai dengan hasil musyawarah yang dilakukan pemerintah desa dengan masyarakat. “Keberadaan gorong-gorong ini memang sangat penting apalagi di musim penghujan seperti ini,” tuturnya.

Sebelumnya, gorong-gorong tersebut tersumbat dan mengakibatkan air meluap ke badan jalan. “Kami harap setelah ada pembangunan ini aliran air lebih baik,” ujarnya.

Ia berharap, partisipasi dari semua pihak untuk menjaga dan memelihara keberadaan gorong-gorong tersebut. “Terutama kepada masyarakat desa Kayutrejo agar turut serta berpartisipasi dalam memelihara setiap hasil pembangunan yang dilakukan pemdes demi kemajuan masyarakat Desa Kayutrejo,” pungkasnya. (Mashuri)
(Hadi s. KPK)