May 19, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

HL Dendang Dibantai Alat Berat, Ade Kelana Ketua LSM FAKTA Angkat Bicara.

2 min read

Koran penelusuran kasus (KPK)

Dendang-Beltim – Ade kelana Ketua LSM Fakta menelusuri info Tentang adanya Hutan Kawasan Semalar yang di babat menggunakan alat berat untuk perkebunan pribadi oleh warga Dendang bernama Sardi yang ternyata beritanya sudah viral di media online.

Dari penelusurannya, Ade mengaku mendapat informasi dari salah satu warga Dendang, bahwa Sardi pernah menyatakan kepada warga tersebut bahwa Sardi katanya sudah mengurus pelepasan kawasan hutan semalar.

“Sardi membuka kebun di Hutan Kawasan karena sudah mengurus pelepasan kawasan hutan, dan yang sudah dibuka sekitar 2,8 ha. Sehingga dia berani membuka lahan dikawasan hutan Semalar tersebut, itu infonya dari salah satu warga Dendang ” Terang Ade Kelana.

Untuk mendapat informasi yang lebih lanjut dan akurat Ade kelana mencoba mencari informasi ke KPHP Gunung Duren, melalui media Whatsapp ke Juhairi, Ade menyebutkan bahwa Juhari mengaku tidak pernah ada pengajuan pelepasan kawasan hutan Semalar tersebut.

“menurut keterangan Juhari KPHP Gunung Duren, tidak ada pendataan Kegiatan terbangun di kawasan hutan tersebut, menurut saya, sardi sudah melakukan pelanggaran berat dengan membuka lahan dikawasan hutan Semalar tersebut, dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut secara aturan hukum, dan saya berharap APH segera bertindak, jangan berlama-lama lah ” pungkas Ade Kelana.

Dihubungi melalui chatting Whatsapp, Juhari Petugas KPHP Gunung Duren, Juhari menyebutkan bahwa di Dendang dan di semua daerah, di Beltim dan Babel benar ada kegiatan pendataan kegiatan terbangun dalam kawasan, namun hanya mendata , yang mana selanjutnya nanti, data akan disampaikan ke dinas LHK dan seterusnya disampaikan ke kementrian LHK.

“Pendataan tersebut, Untuk kebun yg sudah ditanam, bukan untuk yang mau baru buka atau belum ditanam, dalam waktu dekat kami akan turun kelapangan utk kumpulkan data dan info terkait lahan sardi ini” Kata Juhari.
(YOHANES/TAMRIN)

About Author