Sat. Sep 18th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Dinas PU Dan Penataan Ruang Pemerintah Kab. Ngawi Tengah Melaksanakan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Kionggo Desa Widodaren, Kec. Widodaren, Kab. Ngawi

1 min read

Foto: Dok:Zamhari,kpk (www.korankpk.com)
KPK-Ngawi Koran Penelusuran Kasus – Pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi Kionggo di lokasi Desa Widodaren, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Ngawi sedang berlangsung di tengah masa pandemi.

Jangka waktu pengerjaan rehabilitasi jaringan irigasi selama 180 hari kalender yang dilaksanakan oleh CV. Prima Jasa, dengan Konsultan Pengawas oleh CV. Cipta Putra Prima. Dana pembangunan bersumber dari APBD Kabupaten Ngawi (DAK) tahun anggaran 2021. Nilai kontrak dengan jumlah Rp. 1. 269. 071. 371, 14.

Pekerjaan yang telah dimulai pada tanggal 20 Juni 2021 sampai saat ini (kurang lebih 33 hari) sudah mencapai fisik bangunan 70% sehingga dimungkinkan pekerjaan akan selesai sebelum target waktu yang diberikan. Proyek ini memberdayakan warga setempat dengan jumlah kurang lebih 28 orang (tukang dan kuli) dengan tetap memperhatikan prokes, sehingga wajar bila dalam waktu singkat pekerjaan dapat diselesaikan sebelum waktu yang ditentukan.

Dalam hal ini PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Rahmat, menyampaikan bahwa hasil pekerjaan ini nantinya akan ada uji lab, sehingga mutu pekerjaan harus benar-benar terjaga baik volume maupun kualitas pekerjaan harus sesuai dengan spesifikasi.

Dengan selesainya kegiatan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi Kionggo ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir juga dapat membantu petani didaerah tersebut terutama disaat kekeringan. Dimana air yang ditampung saat curah hujan tinggi dapat disalurkan pada saat musim kemarau, sehingga ketersediaan air bagi tanaman dapat terpenuhi (Zamhari, S.Ag).