Thu. Nov 26th, 2020

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

DESA PENGKOL MEMBANGUN PAVING JALAN DESA DITENGAH WABAH CORONA

2 min read

NGAWI, KPK

Berita Mingguan KPK, Ditengah merebaknya Pandemi Corona Virus disease (covid -19) yang sudah merambah terhadap semua aspek sosial kemasyarakatan, Desa pengkol kecamatan mantingan Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa timur, tetap fokus merealisasikan penggunaan Anggaran dana desa tahun Anggaran 2020 pada infrastruktur walaupun ada sedikit skema perubahan dalam APBDes. Hal tersebut dilakukan dalam kontek implementasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi siskeudes di desa Pengkol, yang sudah tersusu. Mengenai kucuran dana terutama dari dana desa (DD) tahun anggran 2020,dalampelaksanaan dilapangan sudah dialokasikan sesuai dengan RPJMDes, dimana pelaksanaan pembangunan desa pengkol berjalan dengan sukses, ungkap Fuad Ari Sulistyo, S.Psy yang akrab dipanggil dengan pak Fuad Kepala Desa Pengkol.

Fuad menyampaikan, beberapa titik fisik pembangunan yang sudah terealisasi pada tahun 2020, Antara lain pembangunan paving jalan dusun pengkol tepat pada jalan protokol plelek, berbatasan dengan desa sambirejo dengan volume: 86 x 3,6 M, namun sebelum pavingisasi terlebih dahulu ditalut (TPT) dengan panjang 78 M.sehingga untuk talut memakan anggaran 17.155.000 dan pavingisasi 36.086.000 dari Dana desa (DD). alhamdulillah semua berjalan dengan lancar berkat dukungan dari warga masyarakat.

Sedangkan prioritas pembangunan pemerintah desa pengkol tahun 2020 ada pergeseran pelaksanaan pembangunan di bidang infrastruktur, walaupun sudah menjadi prioritas pembangunan desa yang bersentuhan langsung dengan pembangunan publik, setelah adanya himbauan dari pemerintah, sebagian dari dana desa dipergunakan untuk penanganan pandemi covid-19. Sebagai kepala desa juga seluruh jajaran staf pemerintah desa pengkol akan berupaya dengan sebaik-baiknya untuk merealisasikan dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku, juga akan berusaha sekuat tenaga,fikiran agar bisa menjalankan amanah.yang jelas kami ingin memberikan yang terbaik bagi desa kami. (Arifin, KPK)