January 21, 2022

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Bupati Ngawi Lantik Pejabat Baru Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pertanian di Wilayah Kabupaten Ngawi

2 min read

RABU, 05 JANUARI 2022 | 13:25

Ngawi, Koran Penelusuran Kasus (KPK) – www.korankpk.com

Memang tidak biasa seperti kegiatan rutin sebelumnya. Kali ini, ratusan pejabat birokrasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Ngawi mengikuti pelantikan sebagai pejabat baru setingkat eselon 2 dan 3 di Agro Techno Park (ATP) masuk Desa/Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Rabu, (05/01).

Seperti diketahui ATP pada masa pandemi tahun 2021 lalu dijadikan salah satu pusat perawatan atau rumah sakit lapangan bagi pasien Covid-19. Sedangkan keberadaan ATP sendiri dibangun peruntukkannya sebagai riset pengembangan pertanian dan agrowisata.

Menanggapi hal tersebut Bupati Ngawi Ony Anwar usai pelantikan menjelaskan, prosesi pelantikan di awal tahun 2022 ini tidak digelar di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, melainkan di ATP. Memang tersirat suatu pesan moral bagi pejabat yang diambil sumpah jabatannya. Alasan yang disampaikan adalah sesuai program prioritas pembangunan Kabupaten Ngawi selain mandatory untuk suportingnya tidak lain peningkatan mutu pertanian.

“Karena secara rohnya secara fokus prioritas pembangunan Kabupaten Ngawi selain mandatory suportingnya di pertanian. Jadi seluruh OPD bisa memaknai bahwa pertanian itu menjadi konsep POR ( Policy, Organisation and Rules-red) untuk kegiatan program kerja Kabupaten Ngawi kedepan,” terang Ony Anwar Bupati Ngawi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (05/01).

Dengan argumen itu, Ony pun menegaskan, hari ini ke depan program kerja pemerintahanya
tidak ada lagi bersifat sektoral. Melainkan untuk semuanya harus suport ke bidang pertanian termasuk segala macam permasalahan di dalamnya. Terlebih, di wilayah Kabupaten Ngawi sekitar 70 persen lebih warganya berprofesi sebagai petani, buruh tani dan pengusaha di bidang pertanian.

“Diharapkan di ATP ini dijadikan wahana peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat kemandirian pertanian yang ramah lingkungan,” ulas Ony Anwar. Kemudian mengenai pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas sesuai keputusan Bupati Ngawi Nomor : X.821.2/16/404.202/2022 tercatat ada 230 pejabat yang mengemban amanah baru.

Namun, khusus eselon 2 yang duduk sebagai kepala dinas terdapat sejumlah nama baru. Antara lain, Noor Hasan Muntaha sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Mohammad Sadli duduk sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Selain itu terdapat nama Wahyu Sri Kuncoro menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Budi Santoso di kursi Kepala Dinas Sosial, Anang Heri Prabowo mengemban kursi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
(Hadi S. kpk)