July 12, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

ASN Bersedekah Bagikan 226 Paket Sembako

2 min read

Koran Penelusuran Kasus
Manggar Kamis 20 Juni 2024, Diskominfo SP Beltim – Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) kembali menggelar Program “ASN Bersedekah Kurban” tahun 2024. Pada pelaksanaan tahun ke tiga ini sebanyak 226 paket dibagikan kepada yang berhak.

Adapun paket yang diberikan berupa daging sapi, beras, gula pasir, minyak goreng, serta mie instan. 45 paket dibagikan ke Kecamatan Manggar, 35 paket ke Kecamatan Gantung, 30 paket ke Kecamatan Kelapa Kampit, 25 paket ke Kecamatan Simpang Pesak, 25 paket ke Kecamatan Dendang, 20 paket ke Kecamatan Damar, 20 paket ke Kecamatan Simpang Renggiang dan 26 paket untuk lingkungan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Beltim.

Plt. Kepala Dindik Kabupaten Beltim, Dedy Wahyudi mengatakan program ASN Bersedekah Kurban 2024 berhasil mengumpulkan total Rp70.333.000. Seluruh dana bersumber dari sedekah Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kegiatan Kelompok Kerja Kepala TK (K3TK) dan dari Dindik.

“Dari dana yang terkumpul kita belikan dua ekor sapi, sembako dan beras yang kita berdayakan dari petani Danau Nujau sebanyak 440 kilogram,” ungkap Dedy saat Pemotongan Hewan dalam rangka “ASN Bersedekah” di ruang pertemuan Dindik Kabupaten Beltim, Kamis (20/6/24).

Ditahun ke tiga ini jumlah paket sembako yang dibagikan ASN Bersedekah Kurban juga meningkat. Tahun 2023 lalu program ini membagikan 200 paket, tahun ini meningkat menjadi 226 paket.

“Paket-paket tersebut kita distribusikan melalui MKKS di setiap kecamatan bagi keluarga besar Dindik. Termasuk pula para pegawai, guru pensiunan, pemberi tanah hibah dan pegawai Dindik yang membutuhkan,” kata Dedy.

Meski momen ASN Bersedekah Kurban masih dalam nuansa Iduladha namun ditekankan Dedi jika program ini bukan untuk memperingati Hari raya Kurban. Program ini lebih kepada niat untuk berbagi dengan sesama dan membantu keluarga besar Dindik yang membutuhkan.

“Kalau Berkurban syariat dan ketentuannya sudah jelas. Meski kita ada potong sapinya namun dengan ASN Bersedekah ini kita lebih kepada berbagi dengan sesama,” jelas Dedy.

Bupati Minta Kegiatan Rutin Dilaksanakan.
Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin seusai menyerahkan secara simbolis paket ASN Bersedekah memberikan apresiasi atas kepedulian yang dilakukan oleh Keluarga Besar Dindik. Mengingat, semua yang dilakukan tanpa ada paksaan dan murni untuk membantu sesama.

“Saya selaku Kepala Daerah sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan. Semuanya didasari keikhlasan dan bertujuan mulia membantu dan berkontirbusi khususnya untuk keluarga besar Dindik,” kata Aan sapaan Burhanudin.

Diakui Aan, bukan hanya Dindik yang menggelar kegiatan serupa namun juga beberapa Organisasi Perangkat Daerah lainnya. Hanya saja dengan cara yang berbeda.

“Beda-beda caranya, tapi yang terpenting adalah bagaimana menumbuhkan rasa kebersamaan terutama dengan sesama ASN. Saya minta program seperti ini dapat rutin dilaksanakan,” kata Aan. (Tamrin)

About Author