Sun. Jun 6th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Viral Video Gadis Ajak Anak Kos Bercocok Tanam untuk Irit Uang Makan: Sumpah Gampang Banget Minggu, 31 Januari 2021 13:11 WIB

3 min read

Tangkapan layar video menanam hidroponik milik akun TikTok @rimadahlan24
TRIBUNNEWS.COM – Beredar video viral seorang gadis memberikan tips cara menghemat uang makan bagi anak kos.
Caranya adalah menanam tanaman hidroponik. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @rimadahlan24 pada Selasa (26/1/2021).

Hingga saat ini, Minggu (31/1/2021), video itu sudah ditonton sebanyak 2,1 juta kali dan disukai oleh 215 ribu lebih.
Dalam video, sang pengunggah memperlihatkan tanaman kangkung hidroponiknya yang sudah siap panen. Ia juga mengajak anak kos untuk ikut bercocok tanam di kos-kosan sepertinya.

“Becocok tanam di kos-kosan, siapa takut. Ini aku lagi panen sayur kangkung yang aku tanam secara hidroponik dengan memanfaatkan botol bekas air mineral.”
“Gampang banget ternyata hidroponik itu. Itung-itung juga memanfaatkan limbah plastik dan mengurangi sampah plastik di bumi ini.”

“Ini cocok banget buat anak kosan seperti aku tapi lahannya itu sempit banget. Nah ini hasil panennya, tuh banyak banget kan. Lumayan bisa buat sarapan.”

“Selamat mencoba teman-teman, yuk berhidroponik. Sumpah gampang banget,” ucap sang pengunggah dalam video.
Saat dikonfirmasi Tribunnews.com, pengunggah bernama Ikrima Nurul Maulida mengaku memang sering berbagi video tentang hidroponik lewat fitur Insta Story.

Namun, hanya ia bagikan kepada teman-temannya yang tertarik dengan tanaman saja. Ikrima memulai menanam hidroponik sejak pertengahan 2019.

Awalnya, ia hanya menanam kangkung hidroponik sebanyak empat pot saja. Setelah berhasil, ia selanjutnya mencoba menanam pokcoy dan daun mint.Sekarang Ikrima sudah memiliki bermacam jenis tanaman.

Di antaranya ada kangkung, sawi, caisim, pokcoy, dan bayam. Sejak Awal Memang Menyukai Tanaman Ikrima mengatakan, memutuskan untuk berhidroponik karena sebelumnya memang menyukai tanaman.

“Memang saya suka tanaman, di rumah juga banyak tanaman yang kami punya. Tapi, tidak ada satupun jenis sayuran, hanya bunga dan kaktus,” terang Ikrima kepada Tribunnews.com pada Jumat (29/1/2021).
Lalu Ikrima pun penasaran, bagaimana cara menanam sayuran di pekarangan rumah. Ia kemudian iseng membuka YouTube dan mencari tips menanam di pekarangan sempit.

“Lalu keluarlah banyak konten tentang hidroponik, terus saya pelajari satu-satu. Ternyata mudah banget untuk pemula,” ujar Ikrima.
Percobaan pertama Ikrima lakukan di kosnya dan langsung berhasil. Ia menambahkan, ada keseruan tersendiri saat mengamati perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Bahan Menanam Hidroponik
Berikut ini adalah bahan-bahan yang Ikrima gunakan untuk menanam tanaman hidroponik:

  • Bibit tanaman
  • Rockwool (media tanam), sebagai media penyemaian bibit
  • Botol bekas air mineral sebagai pot
  • Air nutrisi AB MIK (nutrisi khusus hidroponik)

Cara Menanam Hidroponik

  • Sebelum memulai hidroponik, pertama siapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan.
  • Lakukan penyemaian benih menggunakan rockwool sebagai media tanam.
  • Tunggu sampai benih berkecambah dan berumur tujuh hari.
  • Pindahkan benih yang sudah berkecambah ke botol plastik sebagai potnya.
  • Tunggu sampai benih tumbuh besar dan siap panen.

hidro ikrima
Dokumentasi tanaman hidroponik milik Ikrima yang dibagikan di akun Instagramnya @rimaikrima24. (Instagram/@rimaikrima24)
Keunggulan dan Manfaat Hidroponik, Menurut Ikrima, keunggulan hidroponik adalah perawatannya yang mudah.
Selain dinilai mudah, hidroponik juga tidak membutuhkan lahan yang besar, sehingga cocok untuk anak kosan.
Bisa juga membantu mengurangi limbah plastik seperti bekas botol air mineral, untuk digunakan sebagai pot. Ikrima menuturkan mendapat ilmu baru setelah mencoba hidroponik.

Ia jadi mempunyai siasat baru untuk mengurangi biaya belanja makanan karena tidak perlu membeli sayuran ke pasar. Ikrima hanya perlu memetik sendiri sayuran yang ditanamnya. Sejauh ini, Ikrima tidak menemui kendala dalam menanam hidroponik.
“Kendala tidak ada sepertinya, karena saya melakukan hidroponik ini dengan sangat mudah,” ungkapnya. Sempat Kaget dengan Respons Netizen. Setelah mengunggah video tentang hidroponik, banyak respons yang Ikrima dapatkan.

Banyak yang ikut antusias dengan hidroponik miliknya. “Banyak banget yang antusias, saya juga kaget dengan respon mereka. Masyaallah luar biasa sekali,” ucap Ikrima.
Respons positif dari netizen membuat Ikrima menjadi lebih semangat lagi untuk berbagi ilmu perihal hidroponik.
Ia berharap, semoga ke depannya bisa lebih memberikan konten-konten yangbermanfaat dan menarik.
Selain itu, Ikrima ingin konten yang dibuatnya juga dapat membuat netizen termotivasi untuk berkreasi.
(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Viral Video Gadis Ajak Anak Kos Bercocok Tanam untuk Irit Uang Makan: Sumpah Gampang Banget, https://www.tribunnews.com/regional/2021/01/31/viral-video-gadis-ajak-anak-kos-bercocok-tanam-untuk-irit-uang-makan-sumpah-gampang-banget?page=all.
Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Pravitri Retno Widyastuti

Ragam Redaksi Koran Penelusuran kasus (KPK) – www.korankpk.com