September 24, 2023

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

PT Timah Tbk Konsisten Bantu Masyarakat Miliki Rumah Tinggal Layak Huni di Lingkar Tambang

2 min read

Koran Penelusuran Kasus (KPK)
PANGKALPINANG — Memiliki rumah tinggal yang layak huni menjadi salah satu faktor yang menentukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Menyadari hal ini, PT Timah Tbk kerap membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah tinggal layak huni.

Setelah tahun 2022 lalu, PT Timah Tbk membangun sebanyak 14 unit rumah layak huni yang tersebar di wilayah operasional perusahaan. Tahun 2023, anggota holding industri pertambangan MIND ID ini kembali membangun satu unit rumah layak huni bagi warga Bangka Barat.

Dalam membangun rumah layak huni, PT Timah Tbk juga memberdayakan masyarakat sekitar seperti pekerja yang membangun merupakan masyarakat lokal. Hal ini untuk mendorong menggerakkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, PT Timah Tbk juga kerap berkolaborasi dengan TNI, baru-baru ini melalui program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) PT Timah Tbk membangun rumah layak huni untuk Nenek Sarimah Warga Desa Air Bulin, Kabupaten Bangka Barat.

Program pembangunan rumah tanggal layak huni ini telah lama dilakukan PT Timah Tbk dengan menyasar masyarakat berpenghasilan rendah dan korban bencana alam.

Salah satu penerima bantuan rumah layak huni PT Timah Tbk Nenek Sarimah mengatakan, dirinya tak henti-hentinya bersyukur, karena jika hanya mengandalkan kemampuan sendiri, rasanya tak mungkin bisa memperbaiki rumahnya ini.

“Terima kasih kepada kalian semua, yang telah membangun rumah saya. Nenek tidak mungkin lagi bangun rumah karena tidak mampu dan sudah tua, Semoga dibalas Allah, diberi kesehatan, dan tambah maju,” ucap Nenek Sarimah dikutip dari pemberitaan PT Timah Tbk beberapa waktu lalu.

Senada, salah satu penerima bantuan rumah layak huni dari PT Timah Tbk, Muhammad Afizal (24) Warga Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun ini sebelumnya tak menyangka rumahnya akan dibangun kembali oleh PT Timah Tbk.

Rumahnya rusak tertimpa pohon tumbang karena hujan disertai angin sehingga tidak bisa ditempati.

“Syukur Alhamdulillah sekarang rumah saya sudah dapat ditinggali bersama keluarga kecil dan terlihat semakin cantik dari pada sebelumnya,” ujar pria yang berprofesi sebagai nelayan ini.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

“Melalui program CSR, PT Timah Tbk melaksanakan beberapa program sosial kemasyarakatan. Salah satunya program rumah layak huni yang diharapkan bisa membantu masyarakat agar bisa tinggal dengan nyaman dan layak.” kata Anggi.

(Sumber: Humas PT Timah, Publisher: Yohanes KPK)

About Author