Wed. Jul 21st, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pemerintah Desa Bringin Realisasikan Talut Penahanan Tanah (TPT)

1 min read

Pebangunan Talut dan Penahanan Tanah (TPT) saat ini di-Realisasikan di Dusun Bringin Rt. 09 Rw. 01 Guna Pencegahan Erosi Longsor, Dengan volume 3,20 m x 39 m. Menelan Anggaran Dana Sebesar Rp. 65.000.000; dari Dana Desa (DD) Tahun 2021.

Ngawi, KPK
Koran Penelusuran Kasus (KPK) – www.korankpk.com
Pembangunan talut di Dusun Bringin RT 09/ RW 01, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi,. Pembangunan ini dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi tanah longsor yang mennyebabkan lahan pertanian tergenang oleh air saat musim hujan.

Adapun sumber anggaran pembangunan berasal dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 65.000.000,- dengan Volume 2,20 m x 39 m. Pembangunan tersebut telah terlaksana mencapai 90%, dimana pengerjaannya dilakukan langsung oleh masyarakat setempat dengan bergotong-royong. Masyarakat dapat mengawasi pelaksanaan pembangunan juga bisa mendapatkan penghasilan, sehingga dapat mengurangi pengangguran dalam masa pandemi COVID-19.

Kepala Desa Puji Rahayu, mengatakan “bahwa pembangunan tersebut selain ditujukan untuk pencegahan tanah longsor juga memperlancar perekonomian masyarakat terutama di bidang pertanian”.

Dengan dibangunnya talut penahan tanah ini diharapkan tidak akan terjadi tanah longsor lagi di Dusun Bringin, sehingga jalan akses pertanian lancar dan hasil pertanian juga bisa maksimal. (Zamhari, S.Ag.)