July 12, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pemdes Sambirejo Kec. Ngrambe Kab. Ngawi Realisasikan Pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT)

2 min read

Realisasi Pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) di Dusun Sambirejo RT.02 RW.01 Desa Sambirejo Dengan Volume 40 M X 105 M Menelan Anggaran Dana Sebesar Rp. 106.70.000,- Dari Dana Desa Tahun 2024.

Korankpk.com _ Dengan adanya dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada pemerintah desa (Pemdes) sangat membantu untuk kesejahteraan dan kemajuan desa. Karena Pemerintah Desa adalah inti dari penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat di dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti halnya Pemerintah Desa Sambirejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Jawa Timur menggunakan dana desa tahun anggaran 2024 untuk membangun Talud Penahan Tanah (TPT) Dinding penahan tanah (talud) adalah bangunan yang berguna untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah. Pada umumnya, dinding ini dibangun di daerah-daerah yang kondisi tanahnya masih labil. Kebanyakan dinding penahan tanah terbuat dari pasangan batu kali yang diperkuat campuran semen, pasir, dan air. Selain itu, bahan baku untuk membuat konstruksi ini juga bisa berasal dari mortar, beton, kayu, dan sebagainya.

Menurut kepala Desa Sambirejo (SUSILO, S. H) bahwa Fungsi talud yang utama ialah untuk menahan tanah yang terletak di belakangnya, melindungi kondisi tanah di depannya, dan mencegah timbulnya bahaya longsor. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti berat tanah, berat benda, dan berat air yang terlampau berlebih. Sedangkan kegunaan talud secara khusus antara lain sebagai pelindung area tebing, pemelihara sarana dan prasarana, serta pemanfaatan ruang dari suatu pembangunan. ungkapnya.

Kepala Desa sambirejo ( Susilo, S. H) menambahkan “bahwa Pembangunan talud yang terletak di wilayah Dusun sambirejo Rt.02 Rw.01 ini dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Sambirejo dengan Volume 40 M x 105 M , menelan anggaran dana Sebesar Rp. 106.70.000; dari Dana Desa 2024. Imbuhnya. Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Sambirejo mengatakan “bahwa Meskipun pembangunan ini dikerjakan oleh TPK akan tetapi Tetap memprioritaskan tenaga dari warga dusun Sambirejo untuk mengurangi pengangguran. Harapannya realisasi pembangunan TPT ini mudah – mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sambirejo. dan Alhamdulillah pembangunan TPT ini dapat berjalan lancar sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
(Hadi. KPK)

About Author