June 23, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Pembangunan SPAL di Desa Pasar Kemis Diduga Bermasalah

2 min read

TANGERANG 07/06/2024 -KoranPenelusuranKasus – Proyek Pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang berlokasi di Desa Pasar Kemis RT.01 RW.01 APBD Kabupaten 2024, besar anggaran yang di gunakan sebesar Rp 98.988.000 yang di kerjakan oleh CV. DANISWARA.

Dalam proses pengerjaan proyek pembangunan spal tersebut diduga ada kejanggalan dan bermasalah tidak sesuai RAB. Pasalnya dalam pantauan awak Medi terlihat penggalian tanah tidak sesuai Spesifikasi Gambar RAB. Lapis pondasi bawah tidak megunakan adonan pasir, bangunan Spal lebar podasi bawah sampai atas finising Lebar 15Centimeter, Hal tersebut menuai pertanyaan publik dan aktifis pemerhati kabupaten Tangerang, Selasa. (04/06/2024)

“Wahyudin selaku LSM Trinusa mengatakan, kita bisa lihat langsung kali ini kegiatan pembangunan saluran pembuangan air limbah (SPAL) di kp. Pasarkemis diduga tanpa ada pengawasan pihak terkait, patut kita duga kegiatan proyek banyak melakukan penyimpangan, perlu diawasi dan kita kontrol agar pembangunan spal tidak asal jadi agar mendapatkan keuntungan semata,” Tegas nya

Saya mengharapkan kepada pihak pengawasan baik tingkat Desa/kelurahan maupun tingkat kecamatan serta khususnya kecamatan pasar Kemis agar meninjau atau mengawasi kegiatan pembangunan spal yang masih dalam proses tahap pengerjaan”, Tegas tutur Mayudin.

Sedangkan menurut Gerakan Musyawarah Nasional (GMN) untuk pekerja dalam proses pengerjaan para pekerja di lapangan pun tidak mengenakan Alat Pelindung Diri(APD) atau Abaikan K3, UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja serta dengan dasar hukum Undang undang K3 adalah UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 86 ayat 1 dan 2 tentang pelaksanaan K3 serta pasal 87 ayat 1 tentang wajibnya perusahaan dalam menerapkan K3. Tandasnya.

Sampai berita di publikasikan pihak-pihak terkait belum bisa di konfirmasi. (Udin Jaenudin)

About Author