Fri. Apr 9th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

MPC PP Beltim Dan DPC Laki Berkunjung Ke Dinas Lingkungan Hidup

2 min read

Beltim, KPK
Manggar, Beltim. www.korankpk.com
Terkait dengan sejumlah temuan yang ada di lapangan, didaerah Kabupaten Belitung timur, Senin (15/03/2021), Irwansyah Ketua MPC Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Beltim beserta Tamrin salah seorang anggotanya dan Ketua DPC Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia Kabupaten Beltim, Suryadi Wahid, berkunjung ke Dinas Lingkungan Hidup Belitung timur yang beralamat di Komplek perkantoran terpadu kabupaten Beltim yang beralamat di Jalan raya Gantung Menggarawan, Manggar.

Adapun kedatangan kedua Ormas tersebut guna menemui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Beltim, Nopis Ezuar, ST. M.I.L. dalam rangka menjalin silaturahmi dan kerjasama kedua Ormas dalam peran sertanya mengawasi dan mengawal pembangunan di Beltim dari segi aspek dampak lingkungan hidup akibat aktifitas pengambilan material galian C dan Pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit kemitraan masyarakat dengan Perusahaan Perkebunan kelapa sawit setempat.

“Kami, dari DPC Ormas LAKI Beltim, akan selalu memantau segala aktifitas pembukaan lahan kemitraan perkebunan kelapa sawit yang belakangan ini marak dilakukan di desa desa yang ada di Beltim, seringkali mengatasnamakan masyarakat banyak, padahal dalam praktiknya hanya segelintir orang saja yang menikmatinya, perizinan yang tidak lengkap, bahkan terkadang Kepala desa setempat pun terkadang tidak tahu tentang aktifitas mereka” ujar Suryadi wahid.

Sementara itu Irwansyah Ketua MPC Ormas PP Beltim, lebih menyoroti tentang pengambilan material galian C yang juga tak kalah banyak terjadi di lapangan.

“Banyaknya proyek proyek fisik infrastruktur yang ada di Beltim ini jelas secara langsung memanfaatkan material galian C yang ada disini, kami mengamati dalam pelaksanaannya seringkali tidak mengindahkan kaidah dan peraturan yang semestinya, baik itu perizinan maupun tatacara penambangannya, sehingga dampak akhir yng ditinggalkannya, seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan yang tidak bertanggungjawab.” Imbuh Irwansyah.

Menanggapi dua hal terkait permasalahan tersebut, Nopis Ezuar menyatakan sangat berterimakasih kepada Ormas PP maupun Ormas LAKI yang peduli atas daerahnya.
“Saya selaku Kadis Lingkungan Hidup, sangat berterimakasih atas kepedulian Ormas PP dan Ormas LAKI dalam hal ini, saya siap bekerjasama menerima info yang ada dilapangan ataupun memberikan informasi tentang Lingkungan Hidup kepada Ormas LAKI dan Ormas PP, agar daerah kita lebih tertib dan lebih aman dan nyaman dalam pembangunannya ke depan, Lingkungan Hidup sangat penting dalam keberlangsungan hidup kita bersama” Pungkas Nopis. (Tamrin)