June 19, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Kolaborasi Peningkatan SDM; PJS Babel dan Perwabel Jalin Kerjasama Strategis

3 min read

Korankpk.com
Belitung, – Komunikasi yang baik menjadi kunci dalam mempererat tali silaturahmi dan memperkuat kolaborasi. Hal ini terlihat dalam pertemuan yang dilaksanakan di Kantor Perkumpulan Wartawan Belitung (Perwabel), Selasa (21/05/2024).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Pro Jurnalismedia Siber ( DPD PJS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rikky Fermana, S.IP., C.Med., C.PW., C.IJ., hadir dalam acara ini dengan harapan dapat menjalin kerjasama yang lebih erat dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Belitung dan Belitung Timur.

Dalam bincang ringan tersebut, Rikky Fermana mengutarakan keinginannya untuk melihat adanya peningkatan kompetensi wartawan melalui kerjasama dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) serta pelatihan-pelatihan lainnya yang relevan.

Rikky menegaskan bahwa program UKW akan diakomodir oleh Dewan Penguji Kompetensi Wartawan UPN Veteran Yogyakarta dan difasilitasi oleh PJS Babel serta Perwabel.

Ia berharap program ini dapat terealisasi pada tahun 2025 dengan prioritas pada Kelas Muda, minimal dua kelas.

“Untuk UKW akan diakomodir oleh Dewan Penguji Kompetensi Wartawan UPN Veteran Yogyakarta, difasilitasi PJS Babel, dan Perwabel, mudah-mudahan akan terealisasi pada tahun 2025 dengan prioritas Kelas Muda minimal dua kelas,” ungkap Rikky Fermana.

Kunjungan Ketua DPD PJS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini disambut dengan antusias oleh Perwabel.

Dalam pertemuan tersebut, Williandi selaku Wakil Ketua Perwabel menyampaikan kesiapan Perwabel dalam merealisasikan program-program kerja yang telah direncanakan untuk tahun 2025.

Ia menekankan pentingnya kerjasama dan gotong royong di antara anggota Perwabel untuk mensukseskan program-program yang akan dilaksanakan.

“Dengan ini, mewakili Ketua Perwabel dan rekan-rekan, saya meminta kepada semua rekan-rekan yang tergabung di Perwabel untuk saling bahu-membahu mensukseskan program kerja Perwabel yang telah disusun,” kata Williandi.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah petinggi Perwabel, termasuk Ketua Perwabel Irfan Agustiawan, Sekretaris Lucky Dwi Herlambang, dan beberapa anggota lainnya yang memegang berbagai bidang seperti Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan, serta Hubungan Masyarakat.

Kehadiran mereka menegaskan komitmen Perwabel untuk meningkatkan profesionalisme wartawan di Belitung dan Belitung Timur.

Bidang Pendidikan & Pelatihan yang diwakili oleh MD Tedja P, S.Pd., menegaskan pentingnya pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas jurnalisme di daerah tersebut.

Sementara itu, Herlambang S dari Bidang Litbang menyoroti pentingnya penelitian dalam mendukung peningkatan kompetensi wartawan.

Marsidi Sidik dari Bidang Humas menambahkan bahwa komunikasi yang baik antara anggota dan dengan pihak eksternal adalah kunci keberhasilan program-program tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Perwabel Irfan Agustiawan menyampaikan bahwa kerjasama dengan PJS Babel adalah langkah strategis yang akan membawa banyak manfaat bagi wartawan di Belitung.

Ia berharap bahwa program UKW dan pelatihan lainnya dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para wartawan, sehingga mampu menyajikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat.

“Kerjasama ini adalah langkah strategis yang kami yakini akan membawa banyak manfaat bagi wartawan di Belitung. Kami berharap program UKW dan pelatihan lainnya dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan, sehingga mampu menyajikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat,” ungkap Irfan.

Sementara itu, Lucky Dwi Herlambang, Sekretaris Perwabel, menambahkan bahwa persiapan untuk realisasi program-program tersebut akan dilakukan secara maksimal.

Ia juga mengajak seluruh anggota Perwabel untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang direncanakan, guna memastikan semua program berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan.

“Kami akan mempersiapkan semaksimal mungkin kegiatan-kegiatan yang akan direalisasikan untuk program kerja Perwabel di tahun 2025. Saya juga mengajak seluruh anggota Perwabel untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang direncanakan,” kata Lucky.

Pertemuan ini menunjukkan komitmen kuat dari kedua organisasi untuk bekerja sama dalam meningkatkan kualitas jurnalisme di Belitung.

Dengan adanya program-program peningkatan kompetensi seperti UKW dan pelatihan lainnya, diharapkan para wartawan dapat lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, serta mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah melalui penyebaran informasi yang akurat dan bermanfaat.

Kerjasama strategis antara PJS Babel dan Perwabel ini diharapkan menjadi contoh bagi organisasi jurnalisme lainnya di Indonesia, menunjukkan bahwa dengan komunikasi yang baik dan kerjasama yang erat, peningkatan kualitas SDM dapat dicapai demi kemajuan bersama. (Sumber: KBO Babel. Publisher: Yohanes CIJ, CAHNR & Korankpk)

About Author