February 6, 2023

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Jauh Membaik, Begini Kondisi Kesehatan Ketua MUI Banten Saat Dibesuk Kapolda Banten

2 min read

Banten Koranpenelusurankasus online

Ditengah kesibukannya saat melantik bintara muda di SPN Polda Banten di Mandalawangi, Pandeglang pada Rabu (21/12), Kapolda Banten Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto mendapatkan informasi tentang kondisi kesehatan Ketua MUI Banten, K.H. Hamdi Ma’ani yang perlu mendapatkan perawatan intensif. Abah Hamdi, panggilan akrab Ketua MUI Banten, berdasarkan informasi saat itu diketahui sudah 1 minggu mengalami mual, kembung, muntah dan sesak nafas. “Saya langsung meminta Kabiddokkes untuk mendatangi rumah Abah Hamdi dan melihat langsung kondisi kesehatan beliau dan memaksa abah untuk mau dirawat inap,” kata Rudy.

Sesuai laporan yang saya terima dari personel Biddokkes Polda Banten, secara medis Abah Hamdi memang disarankan untuk dirawat inap. “Tensi tinggi ke 140, nadi lemah di 81 kali per menit, secara fisik terlihat lemah dan keluhan mual, kembung, muntah dan sesak juga sering dirasakan oleh Abah Hamdi, maka kami menyarankan ke Kapolda Banten agar Abah Hamdi dirawat inap secara intensif,” jelas Kabiddokkes Polda Banten Kbp dr. Agung Widodo.

Abah Hamdi saat ditanya oleh personel Biddokkes Polda Banten mengaku mengkonsumsi jus mangga dalam kondisi dingi sekitar 1 minggu sebelumnya, dan pasca itu, kondisi tubuhnya berangsur tidak sehat dan sempat berobat ke salah satu rumah sakit, namun tidak tuntas penangananya. “Kapolda Banten ketika kami laporkan langsung meminta kami untuk mengevakuasi paksa Abah Hamdi dari kediaman ke RS. Sari Asih di Kota Serang,” kata Agung.

Perawatan dilakukan secara intensif oleh dokter ahli di RS tersebut dan sesuai hasil diagnosa, diektahui bahwa terdapat cairan di rongga perut pasien. Selain itu, ada gangguan lain di kandung kencing yang perlu penanganan lebih lanjut oleh tim dokter. “Kami koordinasi intens dengan tim dokter Sari Asih untuk mengikuti progres penanganan kesehatan Abah Hamdi dan selalu melaporkan perkembangan kondisi kesehatan beliau ke Kapolda Banten,” ujar Agung.

Setelah 5 hari perawatan, Abah Hamdi kini kesehatan Abah Hamdi jauh membaik apalagi saat dikunjungi Kapolda Banten di RS. Sari Asih. “Alhamdulilah, saya melihat langsung kondisi kesehatan abah, insya Allah dalam waktu dekat abah akan bisa berkumpul kembali dengan keluarga,” kata Rudy saat membesuk Ketua MUI Banten di rumah sakit tersebut.

(Udin Jainudin/hms)