Fri. Sep 24th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

“Disparpora Ngawi Gelar Pelatihan Sehari Bagi Para Dalang Se-Kabupaten Ngawi Bersama Abah Kirun Dan Dosen Isi Solo” di Gedung Eko Kapti Ngawi”.

1 min read

KPK, NGAWI – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi (Disparpora Ngawi) menggelar pelatihan sehari bagi para dalang. Kegiatan yang diikuti 50 peserta itu digelar di Gedung Eko Kapti Ngawi pada, Rabu (8/9/2021).

Kepala Disparpora Ngawi, Rudi Sulisdiana, S.Sos. M.Si mengatakan, tujuan dari kegiatan itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para dalang. Khususnya saat menggelar pementasan, agar lebih menarik dan sesuai dengan kondisi zaman.
acara pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh Bupati Ngawi, Wabub, beserta jajaran Dinas Kabupaten Ngawi, dan peserta 50 dalang se-Kabupaten Ngawi.

“Kegiatan ini untuk melatih dan meningkatkan kemampuan para dalang di Ngawi. Bukan berarti dalang kita jelek, tapi agar dalam pementasan, bisa lebih menarik dan menyesuaikan kondisi zaman,” kata Rudi kepada awak media.

Sebagai pematik pelatihan, Disparpora menghadirkan dua narasumber yang kompeten dibidangnya. Yakni, seniman senior, H. Sakirun atau yang lebih familiar dikenal dengan Abah Kirun, serta dalang dan dosen ISI Solo, Cahyo Kuntadi.

Para peserta menerima pelatihan baik secara teori dan praktik. Teori yang diberikan berkisar tentang bagaimana menyajikan pementasan yang menarik dan diminati serta sesuai dengan kondisi zaman.

“Praktiknya akan dipandu langsung oleh abah Kirun, seperti bagaimana memberikan pertunjukan yang menarik dan sesuai dengan kondisi zaman,”

Pelatihan sehari yang diselenggarakan oleh Disparpora Ngawi itu, selain untuk meningkatkan kemampuan para dalang, juga ajang untuk menyegarkan para seniman. Mengingat beberapa waktu terakhir ini, kegiatan pentas budaya tidak bisa dilakukan, akibat pandemi Covid-19 dan berbagai pembatasan kegiatan masyarakat. (Hadi S.)