June 22, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Diskominfo Beltim Meningkatkan Literasi Digital UMKM Lewat Pemberian Bantuan Internet

2 min read

Koran penelusuran kasus (KPK)

Manggar, Beltim
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Bayu Priyambodo bersyukur bisa merealisasikan pemberian bantuan internet gratis kepada pelaku UMKM yang masuk dalam program digital Diskominfo “Local Pride”.

Pemberian bantuan perangkat internet tersebut dilaksanakan bersama Kepala Kantor Daerah Telkom Tanjungpandan Kurnia Prasetia Zega beserta jajarannya di lokasi usaha masing-masing UMKM, Selasa (4/4/2023).

“Pemberian bantuan ini bertujuan untuk peningkatan literasi digital bagi pelaku UMKM Beltim, kita ada stimulus internet berkerjasama dengan PT Telkom Indonesia,”ujar Bayu menjelaskan.

Pemberian bantuan internet ini diharapkan Bayu dapat meningkatkan efisiensi modal para pelaku UMKM dan meningkatkan pemasaran pelaku UMKM melalui media digital.

“kami berharap dengan terobosan yang dilakukan Diskominfo bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM yang mengolah hasil bumi yang ada di Belitung Timur menjadi produk unggulan,” sambung Bayu.

Kadiskominfo juga berharap dengan adanya bantuan ini para pelaku UMKM dapat menghasilkan produk unggulan yang dapat bersaing di kancah regional maupun nasional.

Kedua UMKM yang mendapatkan bantuan internet yakni Batik Mangrove milik Nana Aliana yang beralamat di Dusun Kabung Jaya RT 003/RW 002 Desa Mekar Jaya Manggar dan Dodol Nanas Amnaz Berehun milik Maryati yang beralamat di Dusun Air Madu RT 001/RW 001 Desa Aik Madu Simpang Renggiang.

Sementara itu Kepala Desa Mekar Jaya Syamsudin, yang hadir menyaksikan penyerahan bantuan kepada Batik Mangrove di Wisata Waterboom Sungai Manggar menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Daerah dan PT Telkom Indonesia.

“Saya selaku Pembina UMKM yang ada di Desa Mekar Jaya mengucapkan terimakasih telah memberikan bantuan kepada UMKM- UMKM yang ada di Belitung Timur, kebetulan juga ada UMKM dari Desa kami yang juga dapat bantuan ini,” ujar Syamsudin.

Syamsudin juga berharap UMKM dapat mengalami peningkatan setelah mendapatkan bantuan, terutama dalam bidang pemasaran.

“Dengan adanya bantuan internet ini pemasaran produk-produk UMKM di Desa kami bisa lebih luas dan berkembang,” tutupnya.

UMKM BELTIM “GO DIGITAL”

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Daerah Telkom Tanjungpandan Kurnia Prasetia Zega mengatakan kegiatan ini bertujuan agar UMKM Di Belitung Timur bisa lebih maju dan berkembang.

“Kita sudah berkomitmen dengan Pak Bupati dan Kepala Diskominfo untuk mendigitalisasi Belitung Timur, kemarin juga bersama kawan-kawan dari Telkomsel mencari lokasi-lokasi di Beltim yang masih kekurangan signal” jelasnya sesaat setelah menyerahkan bantuan.

Pria yang akrab disapa Zega ini menjelaskan bantuan yang diberikan berupa “internet mobile”, untuk memudahkan para pelaku UMKM tetap bisa menggunakannya dimanapun dan kapanpun.

“Nanti kawan-kawan pelaku UMKM dapat lebih fleksibel dalam penggunaannya, bisa berpindah lokasi, bisa digunakan sampai 32 orang sekaligus dengan pemakaian password,” jelas Zega.

Investasi dunia usaha di Belitung Timur dinilai Zega cukup berkembang, hal ini tak lepas dari dukungan Diskominfo Beltim. disamping itu PT telkom Indonesia juga ingin meningkatkan Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dengan adanya Rumah BUMN.

“Saya harap UMKM di Belitung Timur bisa “Go Digital” sehingga masuk ke level yang lebih besar, misalnya level nasional,” harapnya.
Sumber : Diskominfo Belitung Timur.
(YOHANES/TAMRIN)

About Author