Sun. Oct 17th, 2021

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

HUT KE- 76, PMI KABUPATEN NGAWI LAUNCHING PELAYANAN DONOR PLASMA KONVALESEN SEKALIGUS PELANTIKAN PENGURUS PDDI

2 min read

Ngawi, KPK – (Koran Penelusuran Kasus) – www.korankpk.com

Dalam rangkaian peringatan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Kabupaten Ngawi melaksanakan launching pelayanan donor plasma konvalesen sekaligus pelantikan Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) cabang Ngawi pada Senin (20/09/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, dan Dandim 0805 Kabupaten Ngawi.

Launching pelayanan donor plasma konvalesen dan pelantikan Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) cabang Ngawi disahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Ngawi, Ony Anwar. Adanya pelayanan donor plasma konvalesen ini menjadi ikhtiar PMI dalam rangka mensupport penanganan covid-19 dengan cepat. Pengurus PDDI juga akan siap bersinergi dengan PMI dalam pemenuhan kantong darah. Dalam kesempatan ini, beliau menginformasikan perkembangan covid-19 di Kabupaten Ngawi sudah pada PPKM level 2. Pemerintah Kabupaten Ngawi masih terus memaksimalkan percepatan vaksinasi covid-19 agar lebih dari 70% warga Kabupaten Ngawi menerima vaksin. Sehingga bisa segera turun ke level 1, lalu seluruh kegiatan sosial kemasyarakatan bisa dilaksanakan kembali. Bupati meminta kerja sama dan gotong royong seluruh masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut.

Ketua PMI Kabupaten Ngawi Ir. H. Sulistiono menuturkan bahwa, adanya pelayanan donor plasma konvalesen di PMI Kabupaten Ngawi akan mempermudah PMI dalam menyalurkan kebutuhan plasma konvalesen pada pasien covid-19 di Kabupaten Ngawi. Dimana sebelum adanya pelayanan donor plasma ini, PMI Kabupaten Ngawi sangat kesulitan mendapatkan pendonor sehingga harus mencari di Kabupaten lain, seperti Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Jombang. Bapak Ir. H. Sulistiono mengucapkan terima kasih kepada para pendonor dan pengurus PMI dan berharap sinergitas antara PMI, PDDI, dan pemerintah daerah serta dinas kesehatan Kabupaten Ngawi dapat terus terjaga dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat.

Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) membantu tersedianya darah yang ada di Unit Transfusi Darah (UTD) atau Unit Donor Darah (UDD). PDDI berkolaborasi bersama PMI terkait donor darah maupun donor plasma konvalesen. PMI perlu memberikan edukasi kepada masyarakat dikarenakan kesadaran masyarakat untuk donor plasma masih sangat kurang, agar masyarakat mau dan mengetahui bahwa plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan, ujar Ketua umum PDDI, Drs H Adang Daradjatun. Beliau berharap pengurus PDDI cabang Kabupaten Ngawi dapat menjadi mitra yang baik dengan PMI dan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berdonor secara sukarela demi kemanusiaan. (Zamhari, S.Ag.)