April 24, 2024

KORAN KPK

Membangun Moral Bangsa

Gelar Uji Kompetensi Wartawan Bersama PJS Bangka Belitung Untuk Meningkatkan Profesionalisme Media Siber

2 min read

Babel Koran Penelusuran Kasus – www.korankpk.com

Pangkalpinang – Dewan Pers telah menetapkan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai standar yang tak terhindarkan bagi para jurnalis. Bagi anggota Pro Jurnalis Media Siber (PJS) di Bangka Belitung, UKW bukan hanya sekadar kewajiban, melainkan sebuah peluang untuk meningkatkan pemahaman, integritas, dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas jurnalistik, Rabu (10/1/2024).

Ruang lingkup UKW di Bangka Belitung diawali dengan semangat tinggi saat Ketua Umum PJS, Mahmud Marhaba, memberikan motivasi kepada anggota yang akan mengikuti ujian tersebut. Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ke-1 PJS Bangka Belitung, Marhaba menekankan pentingnya UKW sebagai jalan menuju wartawan yang kompeten dan profesional.

“PJS Babel ingin menciptakan jurnalis yang tidak hanya mahir secara teknis tetapi juga memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi. UKW adalah langkah awal untuk mewujudkan visi ini,” ujar Marhaba saat memberi sambutan di Rakerda Ke-1 PJS Babel.

PJS Bangka Belitung menjadwalkan pelaksanaan UKW selama dua hari, dimulai dari tanggal 11 Januari 2024, hingga 12 Januari 2024, di Wisma 88 Jalan Merdeka, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang. Lokasi yang dipilih tidak hanya sebagai tempat ujian tetapi juga sebagai ruang untuk pembelajaran dan refleksi bagi para peserta.

Dalam sambutannya, Mahmud Marhaba mengungkapkan alasannya datang langsung ke Bangka Belitung. “Saya sengaja menyempatkan waktu datang ke Bangka Belitung untuk memotivasi peserta ujian agar dapat mengikuti dan menjalaninya dengan baik sehingga para peserta mendapatkan predikat Kompeten sebagai wartawan dari Dewan Pers,” jelasnya.

Para peserta UKW diharapkan tidak hanya melewati ujian dengan hasil yang memuaskan tetapi juga memahami betul esensi dari tugas dan tanggung jawab seorang wartawan. PJS Babel bersama Dewan Pers memberikan dukungan penuh untuk mencetak jurnalis yang tidak hanya terampil tetapi juga bertanggung jawab.

Rikky Fermana, selaku Ketua PJS Provinsi Bangka Belitung, menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang memungkinkan terlaksananya Rakerda Ke-1 dan UKW di Bangka Belitung. Dalam harapannya, Rikky menekankan pentingnya memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Semoga besok pelaksanaan UKW Bangka Belitung berjalan lancar dan sukses, dan peserta yang ikut UKW lolos sebagai wartawan yang berkompeten,” ucap Rikky Fermana dengan optimisme.

Pelaksanaan Rakerda Ke-1 dan UKW di Bangka Belitung tidak hanya menjadi momentum pengujian kompetensi para jurnalis, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam memastikan media siber di daerah ini semakin profesional dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Harapan tinggi diletakkan pada para peserta untuk melangkah keluar dari ujian sebagai pionir generasi jurnalis yang mampu menghadapi tantangan zaman. (Yohanes C.IJ, CA-HNR)

About Author